Al-Yaumul Arobi bersama P2BA - P2BA UNISMA

Al-Yaumul Arobi bersama P2BA

Sebagai salah satu kampus ternama di Malang, Universitas Islam Malang selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang progresif. Seperti Al-Yaumul Arobi yang diprakasai oleh P2BA (Pusat Pengembangan Bahasa Asing) Unisma yang dinahkodai oleh Ibu Dr. Hj. Mutmainah Mustofa M.Pd, bersama segenap dosen, karyawan, mahasiswa sampai security di gedung pasca sarjana.(07/11)

Program Al-Yaumul Arobi dari P2BA merupakan gerakan eksploitasi segenap dosen Unisma untuk mencerdaskan bangsa khususnya dalam bidang bahasa arab. Bersama semua elemen yang ada dalam tubuh Unisma, saling bahu membahu untuk mengembangkan kemampuan setiap individu dalam berbahasa asing. Mengingat misi besar kampus hijau ini menuju World Class University beberapa tahun kedepan, membuat semangat dari segenap dosen, karyawan dan mahasiswa Unisma sangat antusias ketika belajar bahasa arab. Pembelajaran awal, semua peserta mengkaji tentang ilmu-ilmu dasar bahasa arab seperti mufrodad, percakapan dan obrolan sehari-hari.

“Kami mempunya tujuan dan target besar kedepan, karena Unisma sudah mempunyai relasi kerjasama dengan lembaga di Saudi Arabia menjadikan kami semakin terdorong untuk mewujudkan target dari rencana kami untuk mendirikan jurusan bahasa arab secara resmi di kampus ini” ujar Bapak Yoyok Amiruddin M.Pd, selaku Ketua Devisi PIBA (Pengembangan Bahasa Arab) di Lembaga Pusat Pengembangan Bahasa Asing Unisma. Dosen FAI itu juga menegaskan keinginannya untuk mempersiapkan semua elemen dalam kampus unuk bisa berbahasa arab untuk menyambut tamu-tamu yang berasal dari luar negeri khususnya dari negera yang berbahasa arab. Selain itu, ini merupakan hal yang baru bagi sebagian orang dalam belajar bahasa arab sehingga semangat dalam belajarnya sangat tinggi, bahkan Wakil Rektor I pun sangat senang dan mendukung penuh untuk kegiatan ini.

P2BA juga mengembangkan bahasa inggris, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang perlu dipelajari banyak orang. Beberapa bendera yang ada di kantor pusat P2BA adalah bukti kerjasama Unisma dengan beberapa kampus diluar negri yang pernah dikunjungi juga yang pernah mengunjungi Unisma. Harapan pimpinan P2BA atas kerjasama dengan beberapa negara ini agar kita bisa mempelajari dan mengetahui tentang negara tersebut.

Diantara program pengembangan bahasa arab dan bahasa inggris, P2BA juga mempunyai program BIPA (Bahasa Indonesia untuk penutur asing).program pembelajaran BIPA di Unisma sudah berlangsung sejak 2016. Pertama kali kegiatan yang diselenggarakan adalah Summer Course dengan kampus Prince of Shongkla University dan Phuket University. 26 mahasiswa dari Thailand belajar bahasa indonesia selama 2 bulan di program BIPA Unisma selama 2 bulan. Selanjutnya pada tahun 2017, BIPA Unisma berusaha melakukan ekspansi kerjasa di tingkat nasional yaitu fokus untuk persiapan pengajuan program BIPA beasiswa dari Darmasiswa RI. Program BIPA Reguler direalisasikan sejak bulan Januari-Juli tahun 2018 dengan mahasiswa dari Amerika dan Singapura yang mempelajari tentang bahasa indonesia, tidak hanya program reguler ditahun ini, pada bulan agustus BIPA mengadakan program Unisma Short Course Scholarship—Uzbekistan untuk 10 mahasiswa dari Uzbekistan yang belajar tentang keragaman Indonesia selama 1 bulan penuh.

Lembaga P2BA akan terus melakukan langkah-lanngkah progresif untuk kemajuan institusi, tahun 2018-2019 BIPA akan mengadakan kegiatan pembelajaran Darmasiswa RI dengan 4 mahasiswa dari mesir, Thailand dan Siriah yang telah lolos test dengan beasiswa dari Indonesia. Program reguler juga berlangsungn 1 tahun dengan mahasiswa dari Jepang, Korea, Inggris, dan Libia.

“Kami ingin mewadahi mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa indonesia di BIPA P2BA Unisma, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi Unisma dengan suasana kampus internasional. Disisi lain kami berharap wawasan dosen dan mahasiswa Unisma bisa lebih terbuka kepada budaya asing dan bisa mengirim mahasiswa Unisma ke luar negeri.” Kata Bapak Prayitno Tri Laksono M.Pd. sebagai ketua devisi pengembangan bahasa indonesia untuk penutur asing (BIPA) , dosen Unisma ini optimis untuk terus mengembangkan Unisma dengan terus menjalin kerjasama dengan instansi-instansi diluar negeri.

Semua tenaga pengajar di BIPA sudah tersertifikasi dari pusat, bekerjasama dengan Kemenlu dan berafiliasi pada Darmasiswa Republik Indonesia. P2BA juga mempunyai kegiatan Unisma with English sehingga turut mensukseskan Unisma menuju World Class University. Program English One for Twenty juga dilaksanakan bersama setiap Fakultas di Unisma oleh Ibu Kurniasih, S.Pd sebagai ketua pengembangan bahasa inggris.

“Target kedepan kami akan berusaha untuk mencapai Internasionalisasi pusat pengembangan bahasa asing termasuk semua unit dan lembaga harus internasional untuk kemajuan dan perkembangan bersama”. Ujar Ibu Dr. Hj. Mutmainah Mustofa M.Pd sebagai Kepala P2BA Unisma.