TOEFL Preparation - P2BA UNISMA

TOEFL Preparation

Kemampuan Bahasa Inggris menjadi keterampilan khusus yang wajib dikuasai oleh mahasiswa Universitas Islam Malang. Kewajiban mengikuti TOEFL preparation tertuang dalam SK Rektor Nomor 364/L.16/U.VI/AK/2016 tentang Kewajiban penguasaaan Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Program Sarjana, Magister dan Doktor di Universitas Islam Malang.  Untuk angkatan pertama yang wajib memiliki sertifikat TOEFL dimulai dari angkatan tahun 2013/2014. Sertifikat TOEFL menjadi prasyarat untuk yudisium. Oleh karena itu, Pusat Pengembangan Bahasa Asing (P2BA) menjadi unit yang ditunjuk oleh pimpinan universitas untuk mengambil peran dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa, khusus nya TOEFL.

Proses pelaksanaan TOEFL Preparation di lakukan dalam beberapa prosedur:

  1. P2BA mengirimkan surat permohonan nama-nama mahasiswa wajib TOEFL yang ditujukan kepada dekan masing-masing fakultas
  2. Fakultas mengirimkan nama-nama mahasiswa wajib TOEFL kepada Kepala P2BA
  3. P2BA akan mengatur jadwal pelaksanaan TOEFL preparation
  4. Pelaksanaan TOEFL Preparation
  5. Bagi mahasiswa yang belum mencapai standar nilai yang sudah ditetapkan diberikan kesempatan untuk mengambil ujian ulang sampai mencapai nilai yang ditetapkan dalam SK Rektor.
  6. Setelah pelaksanaan TOEFL selesai, mahasiswa diberi sertifikat TOEFL yang tanda tangani oleh Kepala P2BA dan selanjutnya akan digunakan sebagai prasyarat pendaftaran yudisium.